Right Content


Senin, 08 November 2010

Gadget Berikut Sangat Berbahaya

Gadget Berikut Sangat Berbahaya - Saya yakin diantara anda pasti memiliki salah satu atau bahkan telah memiliki semua Gadget berikut dibawah, Namun taukah anda bahwa Gadget berikut sangat berbahaya?? Memang sih bahayanya tersebut tidak bisa secara langsung kita rasakan, namun dalam jangka panjang apabila radiasi dari Gadget berikut secara terus menerus digunakan tanpa tahu bagaimana mencegahnya pasti Gadget berikut bisa sangat berbahaya bagi anda. Karena di jaman serba digital seperti sekarang ini, banyak manusia yang tidak bisa hidup tanpa bantuan peralatan elektronik karena mempermudah kehidupan pemiliknya juga merupakan penunjang gaya hidup yang kian hari kian canggih walau tanpa sadar peralatan elektronik tersebut bisa sangat membahayakan diri kita.

Seperti yang dikatan oleh Ahli toksikologi peraih hadiah Nobel, Devra Davis, pada bukunya yang berjudul 'Disconnected' mengungkapkan bahwa terdapat lima perangkat elektronik yang paling berpengaruh buruk bagi kesehatan manusia. Penyakitnya pun beragam, mulai dari gangguan pertumbuhan hingga kanker otak.
Namun jangan khawatir karena Davis juga menyertakan bagaimana menggunakan benda-benda tersebut sehingga tidak berakibat fatal bagi kesehatan kita, mencegah lebih baik daripada mengobati kan?? Gadget berikut sangat berbahaya, namun ikutilah tips-tips yang diberikan untuk meminimalisirnya, apa saja?

1. Handphone




Menurut penelitian Davis, penggunaan handphone dapat merusak pertumbuhan sel otak pada anak dan menyebabkan tumor otak pada orang dewasa. Tidak hanya itu, handphone juga dapat mengancam populasi umat manusia. Kok bisa? Menurut Davis, penggunaan handphone minimal empat jam sehari dapat mengurangi jumlah sperma.

Tips:
Pakai speakerphone atau hands-free ketika menelepon.

2. Laptop

Selain baterai yang meledak atau mainboard berasap, masalah laptop pada kesehatan manusia adalah sakit mata dan kepala karena radiasi layar. Selain itu, laptop yang diletakkan di paha dapat membakar paha seperti daging panggang. Hal ini dikarenakan panas yang keluar dari laptop. Kasus terparah adalah kanker kulit.

Tips:
Untuk menghindari sakit mata, berpaling dari layar laptop setiap 20 menit selama 2-3 menit. Perbesar font jika diperlukan. Untuk menghindari paha terbakar, beli bantal paha.

3. IPods



Davis menjelaskan penelitiannya yang mengatakan bahwa mendengarkan musik dengan iPods selama satu jam setengah dapat mengganggu pendengaran, bahkan pada kasus terparah adalah tuli.

Tips:
Pakai busa earphone untuk sedikit meredam suara yang keluar.

4. Video game

Menggenggam stik game terlalu lama dapat membuat tanganmu merah, Davis menyebutnya “telapak Playstasion”. Ini disebabkan oleh lembabnya telapak tangan karena berkeringat. Sedangkan pada Nintendo Wii, keluhan yang paling sering adalah lepasnya tulang bahu karena terlalu bersemangat memukul.

Tips:
Pada Wii, pemain sebelumnya harus melakukan peregangan terlebih dulu. Untuk Playstation, pemain membaluri tangannya dengan bedak.

5. Komputer


Penyakit yang timbul menurut Davis adalah masalah jantung dan obesitas karena kurang gerak. Kejang otot juga pernah terjadi karena terlalu lama menggunakan mouse atau salah posisi mengetik.

Tips:
Beli gelpad pada keyboard, lakukan yoga dan peregangan pada jam istirahat untuk melemaskan otot punggung dan leher.

Nah, itulah tadi Gadget yang sangat berbahaya beserta tips yang bisa anda terapkan untuk mencegahnya. Apabila kita sakit, tentu akan semakin merepotkan nantinya karena biaya juga semakin mahal, marilah membudayakan hidup sehat mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri dengan tatanan niat yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar