Right Content


Kamis, 25 November 2010

Cara Melindungi Mata Agar Aman Dari Radiasi Layar Komputer

Bagi Anda yang mungkin sama seperti Saya, menghabiskan waktu ber jam-jam di depan komputer setiap harinya Anda perlu ingat untuk menjaga penglihatan Anda. sedikit tips saya untuk melindungi mata dari kerusakan saat berkomputer.

- jika Anda menggunakan komputer CRT / tabung. refresh rate yang rendah dapat membahayakan mata Anda. Gunakanlah refresh rate 75hz atau lebih, agar mata anda tidak rusak juga agar tidak cepat lelah.

caranya:
klik kanan pada dekstop>pilih properties>pada tab setting klik tombol Advanced

Pada tab monitor, tepatnya pada seksi Monitor setting ubah refresh rate monitor Anda menjadi 75 hz atau lebih (saya sendiri menggunakan 85hz). namun tidak semua monitor mendukunya. beri tanda centang pada ‘hide modes…’ agar refresh rate yang tidak di dukung monitor Anda tidak di tampilkan. jika sudah tekan ok. apabila setelah menekan tombol ok tampilan monitor Anda menjadi hilang artinya refresh rate yang Anda pilih tidak di dukung oleh monitor Anda. lansung saja tekan tombol escape/[Esc] agar setting barusan di batalkan.

- jangan lupa mengistirahatkan mata Anda dalam interval waktu tertentu. yang terbaik adalah melakukannya dengan singkat tapi sering. setiap 20 menit istirahatkan mata Anda dengan memandangi benda yang letaknya jauh (3-5 meter cukup) selama 20 detik.

-tips selanjutnya adalah tips standar yaitu:

~jarak antara mata dan monitor minimal 40 cm

~gunakan pencahayan yang cukup dan tidak redup

~posisi mata dan monitor berhadapan lurus

~seperti yang dikatakan sebuah iklan tetas mata, memandangi monitor atau televisi mengurangi frekuensi kedipan mata yang dapat menyebabkan mata menjadi kering, jadi coba untuk mengingatkan diri Anda untuk mengedipkan mata atau gunakan tetes mata.

ya itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat ( :) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar