Right Content


Senin, 29 November 2010

Download Cerita Rakyat Dongeng Nusantara

Saat ini sudah jarang sekali ditampilkannya cerita rakyat Nusantara di stasiun-stasiun televisi Indonesia. Padahal dengan ditayangkannya cerita rakyat asli nusantara tersebut akan semakin melestarikan kebudayaan Indonesia. Dan jika hal ini berlangsung terlalu lama, maka tak mustahil cerita rakyat dongeng nusantara akan punah ditelan waktu. Untuk Itulah, mari kita lestarikan budaya asli nusantara tersebut dengan cara mendongengkan sebuah cerita rakyat kepada anak kita. Jika hal ini dilakukan setiap orang tua, saya yakin kebudayaan Indonesia tidak akan pernah punah.

Sebenarnya Indonesia memiliki banyak cerita rakyat mulai dari sabang sampai merauke, dan perlu untuk diketahui Ada beberapa genre mulai dari cerita untuk keluarga, dongeng untuk anak, cerita cinta hingga cerita mengenai perjuangan rakyat Indonesia ketika jaman sebelum kemerdekaan. Salah satu contohnya anda pasti ingat bagaimana berdirinya Candi Borobudur, atau cerita rakyat tentang Sangkuriang, dan juga tentang kisah Malinkundang seorang anak yang durhaka kepada orangtuanya yang lalu dikutuk menjdi sebuah batu. Kisah mengenai Ratu Pantai Selatan juga hingga kini masih menjadi sebuah misteri yang menarik. Dan pantas jika kita nyatakan bahwa cerita rakyat Indonesia tidak kalah mentereng dan beragam jika dibandingkan dengan Novel William Shakespeare.

Beberapa cerita rakyat atau dongeng di atas pernah dijadikan sebuah film, tema acara televisi atau menjadi inspirasi terhadap penggarapan album atau sinetron terbaru. Dengan cerita rakyat tersebut kita dapat mengambil pelajaran darinya, ada sebuah kesedehanaan nilai hidup dan hidup yang bersahaja. Itulah gaya hidup rakyat Indonesia yang sesungguhnya yang telah tertuang sebagian dalam cerita rakyat yang pernah kita dengar sebelumnya.

Nah bagi anda yang ingin sekedar membaca atau bahkan ingin download cerita rakyat nusantara indonesia, saya mempunyai referensinya. Silahkan menuju link yang saya berikan di bawah ini :



Download Cerita Rakyat Disini atau disini
Semoga dengan kumpulan cerita rakyat yang diberikan di atas dapat semakin melestarikan budaya Nusantara Indonesia dan meneruskannya hingga generasi berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar