Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Trik Manipulasi Foto Mengganti kulit Hewan

Selamat datang di tutorial photoshop “Swap Animal Skin”. Tutorial Photoshop kali ini akan mengupas tentang trik rahasia cara memanipulasi foto dengan mengganti kulit hewan sebagai kasusnya. Oke, di Tutorial Photoshop ini, secara garis besarnya melakukan tipuan mata dengan blending mode. Blending mode terdiri dari 25 macam, dan setiap macamnya memiliki efek yang berbeda-beda. Dengan Blending Mode, suatu foto akan tampak lebih menyatu dengan foto lainnya. Penyatuan ini yang nantinya akan kita gunakan dalam mengganti kulit seekor Badak dengan kulit seekor Macan. Kita hanya perlu menyiapkan 2 buah foto. Sudah tentu foto itu adalah foto seekor badak dengan seekor macan. Lihatlah gambar berikut.

tutorial photoshop

Dan,

tutorial photoshop

Dan inilah langkah-langkahnya:

1. Buka kedua foto tersebut ke dalam Photoshop (File>Open>Open).

2. Aktivkan foto “Macan”, Klik Menu Select>All (Ctrl+A), Klik Menu Edit>Copy (Ctrl+C), dan beralih pada foto “Badak”, dan Klik Menu Edit>Paste (Ctrl+V).

3. Pastikan Layer “Macan’ dalam keadaan terpilih. Kurangi Opacitynya hingga 45%.

4. Dalam posisi foto tersebut, Sesuaikan tubuh macan sebisa mungkin dapat menutupi bagian dari tubuh badak, anda dapat melakukannnya dengan menggunakan perintah Menu Edit>Free Transform (Ctrl+T) hingga foto tersebut akan tampak seperti berikut.

tutorial photoshop

5. Naikkan kembali Opacitynya menjadi 100%.

6. Klik Menu Filter>Liquify (Shift+Ctrl+X).

7. Dengan Forward Warp Tool (W) anda dapat membentuk kulit macan hingga benar-benar menutupi tubuh badak dengan sempurna.

tutorial photoshop

8. Lakukan itu semua dengan sangat teliti hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Bila sekiranya kulit macan telah benar-benar menutupi tubuh badak, klik OK.

9. Pastikan layer ”Macan” dalam keadaan terpilih. Ubah Blending Modenya menjadi Multiply, Opacitynya menjadi 95%, dan Fillnya menjadi 75%.

10. Klik Icon “Create new fill or adjustment layer” yang letaknya di bagian bawah dari layer. Maka akan muncul pilihan menu, anda pilih “Brightness/Contrast” dan perhatikan pada kotak dialog adjustment, dengan tidak menceklis pada kotak “Use Legacy” Ubah nilai Brightness = 38 dan Contrast = 4. Kemudian klik icon “This adjustment clip to the layer” yang letaknya di bagian bawah dari kotak dialog “Adjustment”.

tutorial photoshop

11. Pastikan layer “Macan” masih dalam keadaan terpilih. Klik icon Add Vector Mask. Dengan menggunakan Brush Tool(B) yang bersisi lembut, sapukan brush ke bagian kulit macan yang tidak mengenai dari tubuh badak serta pada bagian cula badak. Namun sebelumnya pastikan terlebih dulu bahwa Set Foreground Color berwarna hitam (#000000).

tutorial photoshop

12. Langkah berikutnya, saya memberikan efek “Hue/Saturation” dan “Level” untuk mempertegas warna dan cahaya.

13. Untuk efek Hue/Saturation caranya adalah, pastikan layer “Badak” yang terpilih. Klik icon “Create new fill or Adjustment layer” dan pilih Hue/saturation. Pada kotak dialog Hue/Saturation dengan tanpa menceklis kotak “Colorize” ubah nilai Saturation = +17. Dan klik icon “This adjustment affects all layer below (click to clip to layer)”.

14. Untuk efek Levels caranya adalah, pastikan layer “Brightness/Contrast” dalam keadaan terpilih. Klik icon “Create new fill or Adjustment layer” dan pilih “Levels”. Pada kotak dialog Levels, Ubah dan sesuaikan nilai-nilainya seperti gambar di bawah ini.

tutorial photoshop

15. Dan hasil akhirnya, kita akan mendapatkan foto seperti berikut.

tutorial photoshop

Dengan susunan akhir semua layernya adalah seperti berikut ini.

tutorial photoshop

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar