Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Trik Invisible Objek

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effectEfek invisible dalam photoshop lazimnya diartikan sebagai manipulasi suatu objek dari awalnya tampak terlihat menjadi tidak tampak atau tidak terlihat lagi dengan penambahan beberapa bentuk objek baru untuk menghasilkan bentuk objek yang disempurnakan. Efek invisible ini biasanya sebagian besar menggunakan tool photoshop yang bernama Clone Stamp Tool(S), dan juga biasanya melibatkan penggunaan Pen Tool (P) dan Selection Tool untuk membantu dalam pembentukan ilustrasi baru. Clone Stamp Tool ini berfungsi menduplikat bagian objek yang nantinya akan diletakannya di bagian yang lain dengan bentuk yang sama persis. Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan melalui sebuah tutorial berikut ini. Oke, baiklah, dalam tutorial kali ini saya menggunakan foto berikut ini. Saya memilih foto ini karena saya pikir nantinya akan ada banyak ilustrasi bentuk baru yang harus diciptakan.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

Dan langkah-langkahya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah foto tersebut dalam aplikasi adobe photoshop yang telah terinstal dalam komputer anda dengan cara singkatnya menekan perpaduan tombol Ctrl + O. Dan biasakanlah terlebih dahulu anda selalu menduplikat layer background dengan cara menekan tombol Ctrl + J. Hal ini bertujuan agar ketika anda mengalami kesalahan dalam pengeditan foto, maka foto/gambar yang original masih tersimpan utuh di layer background dalam keadaan terkunci.

2. Setelah foto berada dalam posisi layer 1 yang siap untuk diedit, klik Clone Stamp Tool yang terletak pada toolbox atau dengan menekan tombol (S) pada keyboard. Fungsi dari fasilitas ini adalah menduplikat bagian gambar untuk menutupi dari bagian yang lainnya. Dalam hal ini, kita akan menghilangkan bagian-bagian dari tubuh wanita tersebut tanpa mengganggu bagian background yang tak nampak sebelumnya dan hasil akhirnya kita hanya akan menyisakan pakaiannya saja. Tool ini sangat sesuai untuk memanipulasi sebuah objek dalam hal penduplikatan sebagian objek gambar dan menggantikannya pada bagian objek yang lain. Cara melakukannya adalah sembari menekan tombol Alt pada keyboard, kliklah bagian gambar yang akan dijadikan sample duplikat yang nantinya akan diletakan dibagian yang lain untuk menutupi bagian tersebut. Kemudian anda mengkliknya lagi dibagian yang lain dengan tanpa menekan lagi tombol Alt. Tombol Alt ditekan hanya saat anda akan mengambil sample dari bagian objek yang akan anda duplikat. Anda juga dapat melakukanya dengan menyapukannya ke bagian yang lain seperti anda menggunakan brush tool. Lakukan ini dengan sangat hati-hati dan teliti. Penduplikatan bagian objek ini anda harus lakukan secara berulang-ulang. Dan anda dituntut harus dapat memilih bagian yang sesuai antara bagian yang diduplikat dan bagian yang akan tertimpah dari hasil duplikat anda nantinya. Diameter brush dari Clone Stamp Tool (S) dapat anda atur selayaknya anda menggunakan Brush Tool (B).

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

3. Lakukan Cloning sampai menghilangkan bagian wajah, rambut, tangan dan kaki. Dalam melakukan cloning, selain anda dapat mengatur besarnya diameter brush cloning, anda juga dapat merubah bentuk dari brush tersebut. Disarankan anda memilih brush yang bersisi lembut untuk meng-cloning pada bagian seperti tepi-tepi sebuah objek yang mungkin diperlukan agar terlihat lebih nyata.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

4. Lakukanlah dengan perlahan. Lakukan cloning terlebih dahulu pada bagian kepala, tangan dan kaki, dan pada bagian badan akan dilakukan dengan menggunakan fasilitas Brush Tool (B). Pada bagian badan ini, anda juga harus memberikan efek gradiasi warna gelap yang sesuai sebagai bayangan dari bagian baju.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

5. Untuk membuat bagian dalam dari pakaian, saya melakukannya dengan cara menyapukan Brush Tool (B) kebadan wanita itu dengan menggunakan warna cokelat/warna yang lebih sesuai dengan kondisi pencahayaan pada bagian dalam dari baju tersebut atau lebih tepatnya, disini saya menggunakan warna dengan kode #945745.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

6. Langkah selanjutnya, seleksi bagian dalam dari pakaian tersebut. Yang dimaksud disini adalah bagian yang anda buat pada langkah ke-5 diatas. Anda dapat melakukan seleksi dengan menggunakan lasso Tool (L) atau dengan menggunakan Pen Tool (P) terlebih dahulu, itu terserah pada anda karena ada sangat banyak langkah/cara untuk melakukan seleksi pada sebagian objek. Setelah bagian yang berwarna cokelat tersebut terseleksi, sapukan Brush Tool (B) berwarna hitam namun dengan opacity 10%. Ini dilakukan untuk membuat bayangan pada baju bagian dalam. Gunakanlah Brush yang bersisi lembut atau Brush dengan hardness=0 agar efek bayangan yang dihasilkan terlihat lebih halus. Dan gunakan imajinasi anda sampai bayangan warna gelap membentuk kesan yang realistis.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

7. Coba anda perhatikan pada sisi baju sebelah kiri bawah dan pada bagian underwear (celana dalam). Pada bagian tersebut saya akan membuat lagi ilustrasi bentuk. Secara konsep, caranya kurang lebih serupa dengan cara pada langkah ke-5 sampai langkah ke-6. Dimana, terlebih dahulu saya akan menyeleksi bagian tersebut dan kemudian memberikannya gradasi warna dengan sapuan Brush Tool (B) yang sesuai dengan pencahayaannya. Disini anda dapat melakukan seleksi dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) atau dengan menggunakan Pen Tool (P) terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan Brush Tool (B) yang bersisi lembut dengan diameter brush yang relatif kecil dengan sapuan warna yang lebih gelap. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dari ketiga ilustrasi di bawah ini.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

8. Selanjutnya saya juga akan memberikan bayangan bra, tentu saja masih sama caranya yaitu dengan menggunakan fasilitas Brush Tool (B) yang bersisi lembut dengan warna hitam dalam opacity yang dikurangi kira-kira hingga 10%. Pada bagian dalam pakaian ini tampak ada efek kusutan kain. Bagian ini ada dapat peroleh dari bagian baju yang lain dengan melakukan cloning.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

9. Pada langkah ke-9 ini ada 2 hal yang saya akan lakukan. Yang pertama saya akan membuat lagi ilustrasi bentuk pada bagian dari sepatu yang sebelah kiri. Caranya, anda dapat melakukannya seperti cara-cara sebelumnya dalam membuat ilustrasi bentuk. Masih tetap diawali dengan membuat seleksi dan pemberian gradasi dengan warna yang sesuai. Dan yang kedua, saya akan membuat objek baru yaitu membuat bentuk tali/ikatan bra dan merk yang diletakan pada kerah baju. Pembuatan tali bra dan merk baju ini saya lakukan dengan menggunakan fasilitas Pen Tool (P). Disini saya berharap anda telah mampu dan terbiasa dalam penggunaan fasilital dari Pen Tool (P) ini.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

10. Dilangkah terakhir ini, saya memberikan bayangan dari pada topi yang di gunakan oleh wanita tersebut. Berikan saja warna hitam dengan opacity yang sangat rendah untuk menghasilkan bayangan yang tidak terlalu gelap. Setelah banyangan dari topi telah selesai dibuat, maka hasil akhir dari manipulasi photoshop ini adalah seperti berikut ini.

Tutorial photoshop_efek photoshop_manipulasi foto_photoshop effect

Goodluck !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar