Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Tips Mencuci Rambut Agar Rambut Tidak Kusut dan Sehat

Semua orang pasti pernah mencuci rambut akan tetapi tanpa disadari banyak diantara kita yang mencuci rambut dengan cara yang kurang benar sehingga membuat rambut kita kusut dan bahkan tambah rontok. Sehingga fungsi mencuci rambut untuk membersihkan kepala dan rambut sekaligus menjaga kesehatan kepala pun kurang tercapai. Berikut beberapa tips agar mendapat rambut sehat sekaligus tidak melukai mahkota kepala.

1. Rambut dipilah sebelum keramas

Rambut kusut saat keramas sering terjadi terutama bagi anda yang mempunyai rambut panjang. Perlu diketahui bahwa tekstur rambut akan menjadi lebih rapuh dan lemah pada saat rambut basah sehingga rambut akan menjadi lebih cepat kusut disaat basah yang tentunya anda tidak meng-inginkan hal ini terjadi. Oleh sebab itu sebelum membasahi rambut, ada baiknya rambut dipilah menjadi dua atau empat bagian dan basahi secara satu persatu.
2. Tambahkan sedikit minyak ke rambut
Karena sebagian besar shampo memiliki bahan kimia keras yang cenderung merusak rambut, usapkan lah minyak seperti minyak zaitun atau minyak kelapa ke akar dan batang rambut. Mengoleskan minyak akan berfungsi untuk mengurangi kerusakan pada rambut yang disebabkan oleh bahan kimia yang keras dari shampo.
3. Cucilah rambut di kamar mandi
Janganlah heran kalau beberapa diantara kita suka mencuci rambut di wastafel cuci tangan ataupun di keran dapur. Hal ini sebenarnya akan membuat rambut kusut (terutama bagi yang berambut panjang) karena tidak cukupnya tempat untuk membiarkan rambut anda terkuari kebawah. Sebaiknya Anda keramas dibawah pancuran air untuk mendorong rambut jatuh lurus ke bawah karena akan mengurangi risiko rambut kusut.
4. Jangan mengangkat dan menumpuk rambut diatas kepala
Kebanyakan dari kita sering mencuci rambut dengan cara menumpuk semua rambut diatas kepala kita. Hal ini sebenarnya kurang bagus karena dengan begitu, anda akan menghambat kotoran dari rambut untuk turun ke bawah dan membuat rambut kusut. Sebaiknya keramas dengan rambut jatuh lurus ke bawah.
5. Bersihkan kulit kepala dengan cara memijat nya
Gunakan ujung jari untuk mengoleskan shampo ke bagian kulit kepala. Dengan cara ini, akan lebih banyak kotoran yang keluar dari kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan ujung jari dan jangan menggaruk kulit kepala saat keramas, terlebih lagi kalau ada kotoran di kuku Anda, karena menggaruk bisa melukai kulit kepala anda.
6. Pakailah sisir yang baik

Sebaiknya gunakan sisir yang baik dan bergigi jarang untuk menyisir rambut setelah keramas karena sisir yang bergerigi jarang lebih gampang dilewati oleh rambut sehingga akan membantu menjaga rambut anda agar tidak kusut.
Demikianlah tips untuk mencuci rambut, semoga setelah mengikuti tips diatas rambut nya bisa kinclong seperti dibawah ini ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar