Right Content


Senin, 08 November 2010

Mengedit File PDF dengan menggunakan PDF Editor

Melalui tool ini, Anda akan dimudahkan dalam mengedit file-file berformat PDF. Anda tidak perlu lagi mengkonversi ulang file PDF menjadi file berformat teks (TXT, DOC, atau RTF) untuk melakukan beberapa pengubahan isi file PDF.

1. Persiapan Awal

Install PDF Editor 2.3 ke dalam sistem Anda. Selanjutnya, jalankan tool ini dari dalam menu “Start | All Programs | PDF Editor 2.3”. Buka salah satu file PDF dari menu “File | Open”.
Image

2. Editing Teks

Untuk mengedit teks, klik tombol “Text” dan pilih “Change”. Selanjutnya pilih bagian teks yang ingin Anda edit. Dalam jendela “Change Text” tersebut, Anda bisa mengubah teks yang telah ada atau menambahkan teks baru.
Image

3. Rotasi Teks

Beberapa teks terkadang perlu diubah posisinya. Anda dapat memutar beberapa derajat untuk teks tertentu. Pilih “Pointer” dari tombol “Pointer”. Klik tombol “Text Block | Rotate”. Pilih teks dan isi derajat perputarannya pada jendela “Rotate”.
Image

4. Memberikan Checkmark

Beberapa formulir menyediakan option jawaban yang bisa Anda pilih dengan memberikan checkmark. Klik tombol “Pointer | Pointer”. Selanjutnya, klik tombol “Annotation/Form | Add Checkbox”. Klik satu option dan atur agar posisinya pas dengan teks.
Image

5. Memindahkan Posisi Teks

Untuk memindahkan posisi teks karena alasan tertentu, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Text | Move”. Ingat, kursor harus dalam bentuk “Pointer”. Klik teks yang ingin dipindahkan dan drag & drop ke tempat yang Anda inginkan.
Image

6. Membuat Link ke Website

Klik tombol “Annotation/Form | Add link annotation” lalu klik bagian kosong pada halaman PDF. Isikan alamat web dalam “link to Website” lalu klik “OK”. Klik kanan link tersebut dan pilih “Add text” untuk memberikan informasi website.
Image

7. Menambah Gambar

Untuk menambahkan gambar pada halaman PDF, klik tombol “Picture | Add Picture” lalu pilih area penempatan gambar. Di jendela “Add Picture”, klik “Add new picture” untuk memilih gambar dari hard disk. Klik “OK” untuk menyetujuinya.
Image

8. Menyimpan Hasil Editing

Apabila editing PDF sudah Anda selesaikan, Anda dapat menyimpannya dengan nama baru. Klik saja tab “Save PDF File”. Simpan dengan menekan tombol “Save PDF As”. Anda juga bisa menambahkan password untuk keamanan PDF Anda
Image

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar