Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Efek Membuat Foto tua (Old Photo)

tutorial photoshopFoto dengan efek usang terkadang memiliki keindahan tersendiri. Kesan tua yang ditampilkan seakan terkandung banyak kenangan dan makna di dalamnya. Nah, biasanya pada tutorial-tutorial Photoshop, banyak yang menjelaskan bagaimana mengubah foto yang terlihat tampak tua menjadi tampak lebih fresh dengan memperbaiki unsur-unsur noda pada sebuah foto yang biasa kita kenal dengan istilah retouching, namun pada kesempatan kali ini, sebaliknya saya akan mencoba memanipulasi sebuah foto agar terlihat tampak tua atau usang dengan versi saya sendiri. Oke, sebelumnya siapkan dulu foto anda yang akan diberi efek usang seperti pada foto dalam kasus ini. Karena dalam kasus ini saya akan menggunakan Brush, silahkan anda download terlebih dahulu brushnya disini. Dan saya menggunakan foto seperti berikut ini.

efek photoshop

Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah sebuah foto dalam Photoshop anda dan berikan efek hitam-putih pada foto tersebut dengan cara klik menu Image>Adjustments>Desaturate (Shift+Ctrl+U). Ini hanya salah satu cara untuk membuat foto menjadi hitam-putih.

tutorial photoshop

2. Maka foto sebelumnya akan berubah menjadi sebuah foto hitam putih.

efek foto

3. Berikan efek warna sephia pada foto hitam putih tadi. Caranya, klik icon “Create new fill or adjustment layer” yang terletak di bagian paling bawah dari kotak Layer dan pilih Photo Filter. Perhatikan ilustrasi di bawah ini.

manipulasi photoshop

4. Pada kotak dialog Photo Filter, Pada bagian “Use” pilih Filter=Sepia dan naikkan nilai Density-nya hingga 100%.

photoshop effect

5. Setelah diberi efek Photo Filter, perubahan fotonya akan menjadi seperti berikut.

photoshop tutorial

6. Berikan efek noise agar terkesan lebih usang pada foto tersebut, caranya dengan meng-klik menu Filter>Noise>Add Noise.

tutorial photoshop

7. Pada kotak dialog Noise, berikan nilai Amount 10% atau sesuaikan dengan keadaan pada foto anda dan pada pilihan Distribution anda pilih Uniform.

efek photoshop

8. Foto yang telah diberi efek Noise akan tampak seperti berikut.

edit foto

9. Buat frame/bingkai berwarna putih pada sisi foto tersebut karena foto zaman dulu cenderung berframing putih, Caranya klik menu Image>Canvas Size.

photography

10. Pada kotak dialog Canvas Size, berikan nilai Width dan Height sebesar 20 pixel atau sesuaikan dengan foto anda. Jangan lupa memberikan tanda centang pada pilihan Relative, dan pada pilihan Canvas extension color, pilih White untuk memberi frame warna putih.

desain grafis

11. Setelah diberi frame warna putih hasilnya akan seperti ini.

efek photoshop

12. Langkah terakhir, berikan bercak noda atau retakan dengan menggunakan brush yang sebelumnya telah di-download dan di-instal pada Photoshop anda. Belum tahu cara meng-instalnya? Baca tutorial “Coming Apart” atau klik link ini !

efek photoshop

Goodluck !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar