Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Efek Foto Hitam Putih

efek photoshop,tutorial photoshopFoto hitam putih kadang kala terlihat sangat mengesankan, efek ini seolah-olah sangat memberi banyak arti pada sebuah foto. Dengan adanya software Adobe Photoshop, untuk menghasilkan sebuah foto hitam putih tidak perlu lagi dilakukannya pemotretan dengan secara khusus, karena efek ini dapat dengan mudah dihasilkan dari sebuah foto berwarna. Dengan menangkap informasi secara lengkap, foto bisa kapan saja diubah menjadi hitam putih dengan kontrol yang sangat fleksibel.

Foto awal yang saya pake adalah seperti berikut.

efekphotoshop.com

Dan setelah diberi efek hitam putih akan menjadi:

efekphotoshop.com

Ada 8 cara yang biasa saya gunakan dalam mengolah foto warna menjadi foto hitam putih. 7 cara ada pada pilihan menu di menu image>adjusments. dan 1 lagi ada pada menu image>mode>grayscale. Coba anda klik menu image>adjusments, maka akan tampil pilihan-pilihan seperti berikut. Semua pilihan-piilihan tersebut merupakan alat buat anda dalam memanipulasi warna foto, dan masing-masing dari pilihan tersebut memiliki fitur dan fungsi yang saling berbeda.

efekphotoshop.com

Oke baiklah, sekarang saya akan coba menjelaskan caranya satu persatu.

1. Vibrance.

Klik menu Image>Adjustment>Vibrance. Maka akan tampil kotak dialog vibrance seperti berikut.

efekphotoshop.com

Ubah nilai saturation menjadi (-100) dan pada tab vibrance anda dapat menggesernya untuk mengatur tingkat warna hitam putih. Setelah kiranya anda telah mendapatkan warna yang anda inginkan, lalu klik Ok.

2. Hue/Saturation.

Klik menu Image>Adjustment>Hue/Saturation (Ctrl+U). Maka akan tampil kotak dialog Hue/Saturation seperti berikut.

efekphotoshop.com

Ubah nilai Saturation menjadi (-100) dan pilihan yang lainnya biarkan tetap bernilai 0.

3. Black and White

Klik menu Image>Adjustment>Black and White (Alt+Shift+Ctrl+B). Maka akan tampil kotak dialog Black and White seperti berikut.

efekphotoshop.com

4. Photo Filter.

Klik menu Image>Adjustment>Photo Filter . Maka akan tampil kotak dialog Photo Filter seperti berikut.

efekphotoshop.com

Perhatikan pada bagian “Use” yang terdiri dari 2 pilihan yaitu Filter dan Color. Klik color dan pilih warna hitam, kemudian geser tab “Density” hingga 100%.

5. Channel Mixer.

Klik menu Image>Adjustments>Channel Mixer . Maka akan tampil kotak dialog Channel Mixer seperti berikut.

efekphotoshop.com

Caranya hanya dengan mencentang saja di kotak kecil pada pilihan “Monochrome” yang terletak di bagian paling bawah sebelah kiri pada kotak dialog channel mixer.

6. Gradient Map

Sebelum memilih Gradient Map anda harus memastikan terlebih dahulu untuk Set Foreground Color adalah berwarna hitam dan Set Background Color adalah berwarna putih. Kemudian anda dapat memilih gradient map dengan cara klik menu Image>Adjustments>Gradient Map dan klik OK.

efekphotoshop.com

7. Desaturate

Caranya hanya tinggal memilih opsi tersebut pada menu Image>Adjustment>Desaturate (Shift+Ctrl+U). Dan foto warna akan langsung berubah warna menjadi hitam putih.

efekphotoshop.com

8. Mode Grayscale

Pada fasilitas Mode grayscale akan memberikan juga efek foto hitam putih. Namun, bila anda berada pada mode ini, anda tidak akan dapat memberi warna lain pada foto sebelum anda mengembalikannya lagi ke mode RGB.

efekphotoshop.com

Hal lain yang mungkin perlu anda ketahui tentang Adjustments pada Photoshop adalah sebuah artikel di bawah ini:

Color Channel

Di dalam file 24 bit (16,1 juta kemungkinan kombinasi warna) atau biasa disebut dengan full color, gambar terdiri atas 3 channel red, green, dan blue yang masing-masing berisi informasi grayscale 8 bit (256 kemungkinan gradasi hitam putih). Pada masing-msing channel dalam mode RGB, informasi red, green, dan blue secara visual ditampilkan dengan warna putih.

Dengan mengambil salah satu channel red, green, dan blue bisa didapatkan informasi grayscale. Cara ini sangat bermanfaat untuk membuat alpha channel dari salah satu channel RGB tetapi kurang ideal untuk menghasilkan grayscale yang optimal karena hanya mempertimbangkan salah satu channel saja.

Grayscale

Photoshop memberikan beragam alternatif untuk mendapatkan grayscale. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan Image > Mode > Grayscale.

Teknik kedua adalah mengkonversi gambar ke mode lab, karena lab menyimpan informasi warna dan kecemerlangan pada channel terpisah. Chanel warna (a dan b) dibuang sehingga tersisa channel lightness yang berisi nilai gelap terang gambar.

Metode ketiga adalah menjalankan Image > Adjustments > Desaturade (Ctrl + Shift + U). Disini didapatkan nilai red, green dan blue yang sama.

Jadi saat mengubah menjadi grayscale, metode ketiga hanya mengurangi warna tanpa mempengaruhi gelap terang gambar, sedang metode pertama dan kedua mempertimbangkan gelap terang (intrinsic brightness) dari warna. Contoh intrinsic brightness adalah warna kuning dipersepsikan lebih terang daripada warna ungu, sedang di dalam konsep color space HSL (hue, saturation, lightness) warna kuning dan ungu memiliki nilai kecemerlangan (grayscale) sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar