Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Efek Coming Apart

Kadang kalanya kita mengalami kesusahan dalam melakukan suatu manipulasi foto yang rumit, apalagi dengan tingkat detail yang cukup tinggi. Jika itu pernah terjadi pada anda, kini anda dapat menggunakan bantuan brush-brush Photoshop yang anda dapat unduh secara gratis di situs internet. Sebelum siap digunakan, brush-brush Photoshop itu harus anda instal dulu sebelumnya. Namun anda tidak perlu menginstal seperti sebuah software yang akan diinstal di komputer. Anda cukup mengklik Brush Tool (B) dan anda me-load brush Photoshop yang disimpan di disk komputer anda. Penjelasan selengkapnya cara menginstal brush nanti akan saya bahas dalam tutorial Photoshop kali ini. Brush-brush Photoshop ini biasanya terbentuk dalam format ABR. Baik, sekarang saya akan membuat sebuah foto dengan efek Brush Photoshop. Sebelum memulainya, sebaiknya anda Download dulu brush yang saya akan gunakan dalam kasus ini. Download disini !

Bahan-bahan saya gunakan adalah sebagai berikut:


Foto kepala.

Tekstur 1

Tekstur 2

Tekstur 3

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka foto di atas dalam Photoshop anda (File>Open>Open).

2. Biasakan sebelum melakukan Digital Imaging, duplikat terlebih dahulu Layer Background dengan cara tekan tombol (Ctrl +J) pada keyboard.

3. Buatlah layer baru dengan cara tekan tombol (Ctrl+Sift+N) pada keyboard sehingga akan tampil kotak dialog New Layer. Berikan nama layer tersebut dengan “Brush”, dan Klik Ok.

4. Nah, sekarang saatnya anda menginstal brush-brush yang telah anda download sebelumnya. Caranya dalah sebagai berikut. Klik Brush Tool (B) pada Toolbox. Kemudian klik icon yang berada di bawah deretan menu pada toolbar Photoshop seperti yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini, tujuannya untuk membuka the brush preset picker. Maka akan tampil kumpulan brush-brush Photoshop. Lalu klik lagi icon yang ditunjuk anak panah lainnya, maka akan tampil pilihan-pilihan untuk melakukan settingan pada kotak the brush preset picker. Dan anda pilih Load Brush. Kemudian anda tinggal memiilih brush mana yang akan anda load.

5. Kini pada kotak the brush preset picket telah tampak brush-brush photoshop yang anda telah instal sebelumnya. Sekarang anda pilih brush tersebut dengan cara mengkliknya.

6. Berikan warna Gray dengan kode (#666666) pada Set foreground color. Sapukan brush yang anda telah pilih pada layer “Brush” seperti ini.

7. Lakukan hal tersebut berulang-ulang dengan bentuk brush yang lainnya. Hingga hasilnya sampai seperti berikut.

8. Sekarang saya tinggal memberikan texture pada foto tersebut. Caranya, buka foto texture 1 di Photoshop kemudian Drag & Drop foto teksture 1 ke atas layer “brush”. Ubah mode blendingnya menjadi overlay. Dengan cara yang sama lakukan juga pada texture 2 & 3. Setelah diberi texture maka hasil akhirnya menjadi seperti berikut.

Dengan susunan akhir semua layer adalah sebagai berikut.

Good luck !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar