Right Content


Sabtu, 06 November 2010

Cara Cepat Menghadapi Hawa Panas Tanpa AC

Hari yang panas sering menghambat aktivitas kita sehari-hari karena udara yang panas sering membuat orang-orang cenderung malas untuk melakukan sesuatu dan memilih untuk berada di dalam ruangan yang dingin terutama yang memiliki AC.
Akan tetapi pendingin buatan (AC) belum tentu sehat karena akan membuat kulit kita kering kalau kita terlalu sering berada di dalamnya. Lalu bagaimanakah caranya kita menghadapi hawa panas tanpa memerlukan AC?
Tips-tips diabawah ini akan membantu anda menghadapi panas terik matahari tanpa AC yang tentu saja selain membantu anda menghemat tagihan litrik anda, juga bagus untuk kesehatan.
Berikut adalah tips-tips tersebut:
1. Tutup jendela
Banyak yang mengira bahwa membuka jendela disaat panas akan mendinginkan ruangan. Akan tetapi, ternyata mmbuka jendela di siang hari justru bisa membuat suasana rumah makin panas. Hal ini disebabkan oleh udara panas akan masuk melalui jendela. Oleh sebab itu, cara yang paling bagus adalah membuka jendela di malam hari tetapi menutup jendela anda di siang hari. Udara malam yang dingin bisa menyejukkan ruangan secara alami.
2. Menyantap makanan dingin
Pada saat anda merasa kepanasan, mengkonsumsi makanan dingin atau yang banyak mengandung kadaar air bisa menurunkan suhu tubuh Anda sehingga bisa mengurangi kepanasan. Segelas es kelapa atau buah-buahan seperti pepaya akan mampu mendinginkan suhu badan anda untuk sementara tetapi cukup mendinginkan anda.
3. Berenang atau mandi air dingin
Berenang adalah cara yang paling efektif untuk menyejukkan anda. Tetapi kalau berenang memakan waktu anda terlalu banyak dan anda tidak punya waktu tersebut, anda bisa memakai cara cepat yaitu dengan mengoleskan es batu ke sebelah dalam pergelangan tangan anda. Hal ini mendinginkan anda karena pembuluh darah sangat dekat dengan kulit di daerah tersebut sehingga rasa dingin akan datang dalam waktu seketika.
4. Matikan Lampu
Kalau anda mempunyai kesukaan menyalakan lampu, hal ini harus dikurangi pada saat panas terik. Bola lampu pijak tidak hanya memberikan cahaya, tetapi juga memberikan engergi panas. Energi cahaya lampu menghasilkan rata-rata 75% energi panas. Apabila rumah anda gelap dan benar-benar memerlukan cahaya lampu, maka gantilah bola lampu tersebut dengan bola lampu yang hemat energi. Selain untuk mendinginkan ruangan, mematikan lampu yang tidak perlu juga bisa menghemat energi dan biaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar