Right Content


Jumat, 29 Oktober 2010

Anda semua pasti pada tau apa itu GUDEG… Gudeg adalah makanan khas jogja yang cukup terkenal yang terbuat dari nangka muda atau dari bunga kelapa.. tapi apakah anda tau kenapa makanan itu bisa dinamakan GUDEG ?







Saya pernah membaca di sebuah majalah tentang sejarah nama GUDEG tapi sudah cukup lama saya membacanya dan teringat kembali malam ini karena kebetulan pas mengantar relasi untuk merasakan GUDEG jogja di malam hari dan saya ingin mencoba share di LOUNGE barangkali bisa membenarkan atau mungkin ada yang tau pasti tentang sejarah apa kenapa makanan itu bisa bernama GUDEG..

Inilah kisahnya.. Di sebuah sudut kota jogja pada jaman penjajahan Inggris tinggalah seorang warga negara Inggris yang tinggal di Indonesia (maaf saya lupa namanya tapi dalam majalah yang saya baca ada namanya) dan memiliki istri seorang perempuan jawa (saya juga lupa namanya maaf), Warga negara Inggris tersebut memanggil istrinya dengan sebutan “dek” karena memang panggilan “dek” sudah menjadi tradisi di jawa biasanya untuk memanggil istri yang notabene sebagai ibu rumah tangga.. Pada suatu hari ketika sang suami sedang pergi bekerja sang istri bingung ingin memasak apa akhirnya dia teringat resep turun temurun keluarganya yang menggunakan bahan dari nangka muda tersebut..

Akhirnya mulai lah dia memasak, karena mungkin sudah sangat lapar sesampainya dirumah sang suami langsung menuju ke meja makan dan makan dengan lahapnya masakan yang dimasakkan istrinya tadi selesai makan sang suami berkata agak keras “good dek..” “it’s good dek” dengan ekspresi senang.. Sang istri terkejut dan mulai menceritakan ke tetangga dan teman-temannya kalau sang suami senang sekali dimasakkan resep turun temurun itu dan setiap kali selesai makan-makanan itu dia selalu bilang “good dek” dan dari situlah makanan itu mulai disebut GUDEG sebagai metomorfosis dari kata “good dek”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar