Right Content


Selasa, 01 Oktober 2013

Android OS

Sekilas Tentang Android OS

Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android dimulai dari sini.

Google dan Sejarah Android

Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.
Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platform linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.
Android OS adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Android (Operating System) andalan google ini telah banyak memukau parapengguna smartphone dunia. Bahkan sebuah hasil riset yang di lakukan olehCANALYS mengatakan bahwa Android kini menjadi platform mobile terpopuler di pasar ponsel pintar Amerika Serikat mengalahkan Blackberry dan Iphone.
Nama Android sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang berarti “spesies atau menyerupai”. Dengan icon robot berwarna hijau, android menjadi ancaman baru bagi sistem operasi lainnya dan siap menghadapi persaingan dalam merebut pasar telepon seluler.

Ada beberapa versi mengenai logo android yang berbentuk robot.

Pertama, Andy Rubin, sang pencetus atau programmer android ini menyukai film Star Wars. Di film tersebut terdapat 2 buah robot, yang tinggi dan yang pendek. Si robot pendek inilah yang menginspirasi andy rubin untuk menjadikannya icon atau logo Android.

Kedua, Ada yang mengatakan bahwa Android berasal dari sebuah karakter game yang bernama Gauntlet: The Third Encounter adalah game arcade buatan Atari yang ada di era 90-an. Game ini hanya bertahan sebentar saja dan setelah itu menghilang. Dalam Gauntlet ada beberapa karakter yang salah satunya bernama Android. Jika karakter lain berbentuk manusia maka Android ini berbentuk makhluk aneh yang bisa saja disebut robot. 

2007-2008: Produk awal

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis smart phone yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi olehAsustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Fitur Android
Fitur yang tersedia di Android adalah :
  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)


Sejarah Nama nama Seri Android

Randall Saraf, salah seorang juru bicara Google mengatakan, nama-nama OS Android adalah hasil dari keputusan internal dan Google memilih untuk melakukan sedikit sihir dalam hal ini.
"Ketika platform Android baru dirilis, mereka membawa nama-nama makanan penutup. Sebagian besar sesuai urutan abjad," katanya.
Keganjilan lain OS Android selain menggunakan nama makanan penutup, nama-namanya memiliki inisial dalam urutan abjad (C, D, E, F, G, H, I) yaitu, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan Ice cream.


1. Android Versi 1.1 (Tanpa Nama)
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


2. Android Versi 1.5 (Cup Cake)

Cupcake seharusnya merupakan OS Android versi 1.2, namun Google memutuskan untuk membuat sebuah revisi besar dan membuatnya menjadi 1,5, dan memberinya nama makanan penutup "cupcake" sebagai kode nama, dan saat itulah "seri makanan penutup" pun dimulai.
Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan Software Development Kit (SDK) dengan versi 1.5, pada pertengahan Mei 2009. Dalam android versi 1.5 terdapat penambahan fitur seperti kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Blouetooth A2DP, bisa terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem. 

Contohnya: Dell Aero

3. Android Versi 1.6 (Doughnut/Donut)

Donut dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA. Versi ini memperbaiki kesalahan reboot dalam OS serta perubahan fitur foto dan vidio (yaitu antarmuka kamera) dan integrasi pencarian yang lebih baik. Hal ini juga menambahkan dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan merupakan versi pertama yang menawarkan fitur navigasi Google turn-by-turn.

Contohnya: i-mobile

4. Android Versi 2.1 (Éclair)

Sistem Operasi ini dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009. Yang berubah dari versi ini salah satunya adalah tanpilannya. Selain itu, Android Eclair juga mengalami peningkatan dalam akun email, dimana kita dapat memiliki beberapa akun email sekaligus atau disebut multiple account. Koneksi bluetooth dalam Eclair juga telah diperbaharui ke versi 2.1. Pengoptimalan hardware, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP dan digital zoom. Yang paling signifikan adalah fitur Live Wallpaper yaitu wallpaper yang dapat bergerak menggunakan animasi sehingga wallpaper terkesan lebih nyata.
Contohnya: Acer Liquid



1.     5. Android Versi 2.2 (Frozen Yoghurt /Froyo)


Android 2.2 Froyo, Lebih Cepat! Lebih Lapang! Lebih Sempurna! Itulah yang pertama kali yang akan dikatakan oleh pengguna froyo. Android 2.2 OS Froyo ini memiliki banyak perkembangan dari generasi sebelumnya eclair. Yang menjadi hal awal penilaian Android Froyo adalah Performa dan kecepatan : Berbagai hasil uji telah menunjukkan Android 2.2 lebih cepat dan stabil.
Android Froyo, dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Disediakan pula fitur untuk menon-aktifkan paket data yang memungkinkan kita yang masih remaja menghemat pulsa dalam penggunaan Android karena memang OS Android membutuhkan koneksi terus-menerus yang menguras pulsa. Yang membuat versi ini berbeda dari versi sebelumnya adalah kemampuan untuk melakukan Tethering, dimana gadget Android kita dapat dijadikan hotspot Wi-Fi! Mayoritas handphone Android sekarang menggunakan versi ini khususnya Samsung Galaxy Series

Contohnya: HTC-Desire, Samsung i5510


1.   6Android Versi 2.3 (Ginger Bread)

Versi ini baru saja dirilis pada tanggal 6 Desember 2010. Versi ini lebih ditujukan kepada smartphone yang memiliki prosesor dan layar yang lebih besar. Versi ini juga telah menyediakan fitur copy/paste yang telah dinanti-nantikan banyak orang. Selain itu diberikan pula Download Manager yang baru untuk kemudahan mengorganisir file-file yang di-download di Android anda. beberapa tweak untuk memungkinkan penggunaan pada Tablet, dan tingkat tweak sistem lainnya untuk programmer.  Fitur ini juga mengalami peningkatan di permainan. Fitur utama dari si Roti Jahe ini adalah NFC alias Near Field Communication. Fitur ini memungkinkan kita untuk membayar barang-barang, mendapat informasi di museum, bahkan memesan tiket pesawat langsung di tempat-tempat yang telah memiliki tag NFC.
Contohnya: Samsung Galaxy M Pro

7. Android Versi 3.0/3.1/3.2 (Honey Comb)

Honeycomb dirilis pada bulan Februari 2011, dan dengan cepat diikuti oleh versi 3.1 dan 3.2 yang hanya keluar pada bulan Juli / Agustus 2011. Google memposting banyak preview dan highlight pada Honeycomb.
Tablet berbasis Android 3.x berjalan seperti yang akan dioptimalkan untuk tablet, (menyiratkan OS Android saat ini tidak benar-benar dirancang untuk tablet). Motorola Xoom adalah tablet Android pertama dengan versi 3.x, dan sejak itu diikuti oleh satu ton perangkat Tablet.
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 sudah hadir di Indonesia. Misalnya Asus Eee Pad Transformer, Samsung Galaxy Tab 8.9 dan 10.1, dan lain-lain.
Contohnya: HP-Android-Slate

8. Android Versi 4.0 (Ice cream sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
Contohnya: Motorolla Xoom New

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar